Home » , » Waspada Pengepakan Barang di Bandara Juanda

Waspada Pengepakan Barang di Bandara Juanda

Posting by toranews on Rabu, 15 April 2015 | 18.44

Hati-hati agan/aganwati sekalian, ketika anda bepergian menggunakan pesawat, siapa tau anda menemui jasa pengepakan barang seperti ini di bandara kota anda. daripada nanti merasa dirugikan dan tidak bisa protes di sebabkan ketidak tahuan, atau cuman bisa mendongkol karena uang pas-pasan malah ludes, simak nih cerita sbb :

Hari ini minggu 25 januari 2014 saya berpergian ke balikpapan melalui bandara juanda Surabaya. Pada saat memasuki pintu keberangkatan setelah check in ada seorang petugas berseragam bertuliskan aerotek mempersilahkan saya menuju alat pengepakan barang, krn pada saat itu saya membawa dua kardus yang sejak dari rumah sudah saya kemas sendiri. 

Awal mula dipikiran saya ini mungkin petugas bandara yang bertugas di bagian bagasi setelah selesai saya ditarik biaya Rp 100.000 dengan sedikit bingung saya serahkan uang nya (perlu diketahui pertama kali saya naik pesawat ke balikpapan tahun 2001-an belum pernah menemukan jasa seperti ini dan ini penerbangan saya yang kedua kali nya) kemudian setelah selesai baru ada petugas security yang mengarahkan saya ke tempat penerimaan barang untuk di bawa ke bagasi (airport tax).

Yang perlu saya tulis di sini adalah jasa pengepakan itu, kenapa tanpa menawarkan dan menjelaskan tentang jasanya di bandara langsung menggiring calon penumpang pesawat untuk mensolasi dua kardus saya dan menarik ongkosnya sebesar 100.000, yang pada awal mulanya perkiraan saya itu adalah jasa yang memang harus di bayar dan ditentukan oleh pihak bandara juanda. Tetapi ternyata tidak karena setelah saya tanyakan ke pihak petugas airport tax hal itu tidak wajib.

Hasil pengepakan

Dalam kasus ini kenapa pihak bandara juanda tidak menertibkan usaha jasa itu, saya sebagai pihak konsumen merasa dirugikan karena pegawai jasa pengepakan barang dengan seragam bernama aerotek itu tidak menjelaskan dulu bahwa misal dengan kata-kata "Pak maukah dua kardus bapak saya kemas, supaya rapi dengan biaya Rp 100.000?" Tetapi dengan tindakan mengarahkan setiap calon penumpang untuk dibawa ke mesin pengepak dan kemudian tanpa kata penjelasan cuma mengatakan di packing dulu pak barang nya, kemudian setelah selesai menarik ongkos 100.000 seakan menodong diri saya yang tidak tau menahu tentang jasa ini. dan setelah pengepakan barang saya, rupanya ada beberapa juga calon penumpang (mungkin masih pertama kalinya naik pesawat) yang juga 'termakan' giringan petugas aerotek itu.

Petugas aerotek dan mesin pengepak nya
Semoga dengan tulisan ini para pembaca yang belum pernah bepergian menggunakan pesawat dan melewati bandara juanda tidak terjebak seperti saya dan tidak sampai terjadi "penodongan" seperti yang saya alami. Karena kadang uang 100.000 itu menurut saya sangat berarti dan tidak mudah mendapatkan nya, apalagi uang sebesar itu dapat di belanja kan untuk susu anak saya yang kadang ketika usaha saya agak sepi susu anak saya tidak terbeli.

Semoga pihak bandara juanda dapat menertibkan setiap jenis usaha yang ada di lokasi bandara, agar tidak ada lagi orang yang merasa tertipu seperti saya

Semoga pihak pemilik usaha packing yang menggunakan mesin bernama "aerotak" itu juga bertindak secara fair dengan jalan menjelaskan dulu bahwa mesin pengepak nya itu berbiaya 50.000 perkardusnya. dan sebagaimana penjual, harusnya anda tawarkan dulu dagangan anda, harusnya anda tidak memanfaatkan ketidaktahuan calon penumpang yang tindakan anda itu membuat banyak orang seperti saya merasa dirugikan.

(tulisan ini saya buat diatas pesawat menuju balikpapan, dan baru saya upload disini)
baca cersil kho ping hoo

6 komentar:

  1. Bagus biro. Ojo sampek copas ya

    BalasHapus
  2. Saya kemarin jg gitu gan. Baru pertama kali naik pesawat tujuan balikpapan pada hari senin, 21-09-2015 saya dipalak satu koper 50.000 oleh mereka. F*ck

    BalasHapus
  3. gw di kalimantan kena gituan, langsung lari :v bawa tas yang udah di plastikin

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Sama nih gw korban jg, awalnya gw agak curiga tapi koper gw tiba2 udh diambil duluan trs positif thinking mungkin petugas bandara karena ngarahin gitu, tau nya koper gw udah diwrapping di pojokan trs disuruh bayar 60rb.. Ampassss

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...