Home » , » Cabe Jawa Sebagai Obat Kuat

Cabe Jawa Sebagai Obat Kuat

Posting by toranews on Minggu, 09 Juni 2013 | 04.15

CABE JAWA / LONG PEPPER (Inggris)
Cabe jawa tanaman asli Indonesia dan banyak ditanam di Jawa dan sumatra. Herbalis memakainya sebagai antipiretik, disentri, diare, lemah syahwat, tekanan darah rendah, influenza, batuk, migren, sakit kuning, demam. pemakaian luar untuk encok dan param sesudah melahirkan. Buahnya juga dipake sebagai obat rematik, pegal linu dan peluruh keringat. Akar cabe jawa untuk obat sakit gigi dan membersihkan darah dalam rahim setelah melahirkan. penyakit lain yang bisa ditanggulangi : radang mulut, stroke, pencernaan terganggu, dan nyeri pinggang. Perempuan hamil dilarang mengkonsumsi ramuan dengan komposisi cabe jawa didalamnya. Dalam farmakologi china disebut tumbuhan ini mamiliki rasa pahit, pedas dan hangat.

Senyawa Aktif
Buah cabe jawa mengandung zat pedas piperine, resin (kavisin), asam palmitik, 1-undecylenyl-3,4methylenedioxy benzene, piperidin, minyak asiri, dan sesamin. senyawa lain piperidina, asam palmitat, asam tetrahidropiperat, N-isobutyl decatrans-2 trans-4 dienamida, eikosadienamida, guinensina, oktadekadienamida, protein, karbhidrat, gliserida, tannin, kariofelina.

Bukti Ilmiah
Hormon Testoteron bertugas mengontrol ciri fisik pd laki-laki
Androgenik/ istilah androgen digunakan untuk bahan-bahan yang kerja biologiknya sama dengan testoteron. Fungsi utama hormon testoteron adalah merangsang perkembangan dan aktivitas organ-organ reproduksi dan sifat seks sekunder. testoteron adalah androgen utama pada kaum pria. Androgen diperkirakan bertanggung jawab terhadap keagresifan dan tingkah laku seksual pada pria. salah satu sumber androgen di Alam adalah buah cabe jawa.

Diduga kandungan piperin dalam cabe jawa memiliki efek stimulan terhadap sel-sel syaraf sehingga mampu meningkatkan stamina tubuh. Oleh karena itu cabe jawa  bisa digunakan sebagai afrodisiak karena mempunyai efek androgenik, untuk anabolik, dan sebagai antivirus. secara umum kandungan kimia atau senyawa kimia yang berperan sebagai afrodisiak adalah turunan steroid, saponin, alkaloid, tannin dan seyawa lain yang dapat melancarkan peredaran darah. Piperine mempunyai daya antipiretik, analgesik, antiinflamasi, dan menekan susunan syaraf pusat.

RESEP
Afrodisiak asli Indonesia
Obat Kuat
bahan
Cabe jawa Piper retrofractum                       10 g
Kapulaga Amomum Cardamomum                  5 g
Pulai Alstonia scholaris                                     5 g
Sawi langit                                                         5 g

Cara membuat
bahan - bahan itu dicuci bersih lalu direbus dalam 300 cc air. setelah mendidih angkat dan saring. sebelum diminum campurkan 1 sendok madu dan gula aren asli. Ramuan diminum malam hari sebelum tidur dan dihabiskan sekali minum.


Masuk Angin
Cabe jawa Piper retrofractum                             3 butir
Daun mint Menta arvensis                               3/4 genggam
Daun Kesumba keling Bixa orellana                3/4 genggam
gula enau                                                               3 jari
bahan-bahan tersebut dicuci lalu di potong - potong seperlunya.Rebus dengan 3 gelas air bersih sampe tersisa 2 1/4 gelas. setelah dingin saring, lalu minum 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

Ganguan pencernaan
Buah Cabe jawa Piper retrofractum Kering sebanyak 5 gram ditumbuk halus. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk merata lalu diminum sekaligus.

Sakit Gigi
Daun Cabe jawa yang segar sebanyak 5 lembar dicuci lalu di tumbuk Seduh dengan 1/2 gelas air panas selagi hangat disaring airnya di buat kumur-kumur.

Kejang Perut
Daun Cabe jawa segar sebanyak 3 lembar dicuci lalu ditumbuk, seduh dengan 1 gelas air panas selagi hangat disaring kemudian diminum sekaligus.

Demam
Buah Cabe jawa yang kering sebanyak 3-4 g digiling halus, lalu diseduh dengan 1/2 gelas air panas. kemudian minumlah dengan ampasnya selagi hangat.

2 komentar:

  1. Berapa harganya cabe jawa untuk obat kuat, dan berapa nomor HP-nya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...