Home » , » Efek Herbal Jahe Merah

Efek Herbal Jahe Merah

Posting by toranews on Minggu, 09 Juni 2013 | 04.03

JAHE MERAH

Lokal
Jahe (Jawa), halia udang (Aceh), jahe sunti (Jawa).
Latin
Zingiber Officinale var rubrum 
Asing
Red ginger (Inggris), Khan jian (China), Chiang (Cina) 





Kegunaan
konsumsi jahe merah biasanya untuk menjaga kesehatan dan menghangatkan badan. Minyak asirinya digunakan sebagai bahan baku pewangi kosmetik.
Bagian yang digunakan untuk herbal
Rimpang
Efek herbal
Antimual, penghangat badan, mengatasi perut kembung, merangsang ereksi, dan merangsang regenerasi sel.

Empiris
Herbal yang juga dipercaya melindungi tubuh adalah jahe merah. khasiat Zingiberaceae officinale umumnya hanya menghangatkan badan, meluluhkan keringat, mengatasi perut kembung, mengatasi radang tenggorokan, dan mengatasi nyeri otot. Zingiberaceae officinale itu berkhasiat melancarkan pernafasan, antikembung, afrodisiak, dan meningkatkan stamina. Dipasaran terdapat banyak sediaan seperti kapsul dan serbuk yang tinggal diseduh. jika ingin menikmati yang segar, rebus rimpang jahe merah dalam 2 liter air. Supaya aroma kian sedap, tambahkan daun pandan, kayu manis dan cengkih. Menurut herbalis jahe bersifat imunostimulan atau meningkatkan daya tahan tubuh. jahe juga sering digunakan untuk mengobati batuk berdahak.
khasiat jahe merah yang sudah kondang adalah menghangatkan badan dan menambah nafsu makan. Lantaran pengaruh inilah setelah mengkonsumsi jahe merah orang lekas merasa bugardan meningkat gairah seksualnya. Efek menghangatkan dari kandungan minyak atsiri dalam rimpang jahe ini juga membantu melegakan nafas para penderita asma. Namun pemakaianya harus berhati-hati. Pasalnya senyawa gingerol didalamnya bisa membuat lambung panas dan teriritasi.

Senyawa Aktif
Gingerol, zingerone, 1-degydrogingerdione, 6-gingesulfonic acid, shogaol, karbohidrat, palmitic acid, oleic acid, linoleic acid, caprylic acid, capric acid, lauric acid, myistic acid, pentaecanoic acid, heptadecanoic acid, stearic acid, linelic acid, lesitin, gingerglycolipids (A,B,C).
Jahe juga mengandung asam amino (arginine, aspartic acid, cystein, glycine, isoleucin, leucine, serine, threonine, valine), protein, resin, diterpene, mineral, vitamin A dan niacin. Kandungan minyak asiri didalamnya: zingiberene, B-bisabolene, singiberol, zingiberenol, ar-curcumene, dan beberapa bentuk aldehid (phellandrene, champhene, geraniol, neral, linalool, dan d-nerol).

Bukti Ilmiah
Penjaga saluran pencernaan dan anti mual
Manfaat jahe untuk kesehatan memang tidak diragukan lagi. Beragam penelitian ilmiah telah dilakukan, hasilnya sungguh mengagumkan. Umbi jahe terbukti barkhasiat sebagai karminativum atau dapat merangsang keluarnya gas dari perut sehingga mampu mengobati masuk angin. Sifatnya yang menghangatkan tubuh juga dipercaya mengurangi rasa mual, batuk dan gejala flu ringan.
Penelitian lain menyebutkan, kandungan enzim protease dan lipase yang terkandung dalam jahe berfungsi memecah protein dan lemak. Enzim inilah yang membantu mencerna dan menyerap makanan sehingga meningkatkan nafsu makan. Jahe melindungi system pencernaan dengan cara menurunkan keasaman lambung. Aseton dan methanol dalam rimpang jahe mencegah terjadinya iritasi dan nyeri lambung disepanjang saluran pencernaan. Jahe menghambat produksi prostaglandin, hormone dalam tubuh yang dapat memicu peradangan.

Merangsang ereksi
Rajin mengkonsumsi jahe juga merangsang pelepasan hormone adrenalin yang dapat memperlebar pembuluh darah sehingga tubuh menjadi hangat, darah mengalir lebih lancar dan tekanan darah menurun. Disamping itu senyawa cineole dan arginine yang terkandung dalam rimpang jahe mampu membantu mengatasi ejakulasi premature.

Antiangiogenesis
Senyawa aktif paling berpengaruh, gingerol, hanya terdapat pada jahe merah. Fungsi lain efek antiangiogenesis alias penghambatan peredaran darah tumor sehingga sel tumor atau kanker terhambat pertumbuhanya.

Antipembengkakan
Campuran jahe merah, minyak kayu putih, bawang merah, bawang putih, dan sereh juga mampu mengatasi penyakit singer’s nodule (nodul penyanyi). Nodul pita suara merupakan pertumbuhan massa atau pembengkakan pada pita suara yang disebabkan pemakaian suara berlebih. Timbulnya penyakit ini sering tidak disadari oleh penderitanya. Gejalanya, kualitas suara menurun, suara serak, dan penderita tidak sanggup berbicara terus dalam waktu lama. Jika dibiarkan nodul bias berkembang menjadi kanker pita suara. Dalam dunia kedokteran konvensional, nodul diatasi dengan operasi pengangkatan.. alternative campuran jahe merah dan kawan-kawan nya bias dicoba lantaran memberikan efek anti pembengkakan pada nodul. Jahe juga berkhasiat antioksidan, penghambat reaksi oksidasi dalam tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung koroner dan stroke.
Riset Kiuchi dan rekan dari Faculty of Pharmaceutical Sciences, University of Tokyo, Jepang, ekstrak jahe terbukti menghambat biosintesis prostaglandin dan leukotrien- mediator terjadinya pembengkakan-menurun.
Gingerol, salah satu bahan aktif dalam jahe mampu melawan arachidonate 5-lipoxyenase, enzim yang berperan dalam biosintesis leukotrien. Kandungan shogaol dalam jahe juga memberikan efek analgesic. Kedua zat ini, gingerol dan shogaol, efektif mengurangi rasa sakit dan bengkak pada peradangan.

Antirematik
Jahe membantu mengurangi rasa sakit akibat rematik dengan jalan menghambat pembentukan sikloksigenase dan lipooksigenase.

Antiinflamasi (Mengurangi Pembengkakan)
Dari hasil percobaan secara Invitro terbukti jahe berperan sebagai agen antiinflamasi. Senyawa yang berperan penting dalam aktivitas ini adalah 8-paradol dan 8-shogaol. Kedua senyawa ini menghambat kerja enzim dalam siklus sikloksigenase 2 (COX 2)—penyebab inflamasi.

Antikanker
Aplikasi 6-gingerol pada sel leukemia (HL-60) dalam kondisi labboratorium menunjukan penghambatan sintesis DNA dan daya hidup sel kanker. Senyawa aktif dalam jahe itu mendorong terjadinya apoptosis sel leukemia.

Peluruh
Jahe bisa berperan sebagai agen aborsi, bersifat menggugurkan kandungan. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil berhati-hati mengkonsumsinya

Hipoglikemik
Dalam beberapa penelitian secara in vivo, jahe memiliki sifat hipoglikemik, menurunkan tekanan darah. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah oleo-resin dan shogaol.

RESEP

Menambah gairah seks
Bahan
Jahe merah Zingiber Officinale var rubrum      15 g
Ginseng Panax Ginseng                                    15 g
Cabe Jawa Piper retrofractum                         15 g
Lada hitam Piper nigrum                                   20 g
Cara membuat
Semua bahan direbus dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Angkat,dinginkan lalu saring. Minum 2 kali pada pagi dan sore masing masing 1 gelas. Sebelum diminum bias ditambahkan kuning telur 1 butir dan 2 sendok makan madu murni.

Gangguan THT
Resep berikut untuk mengatasi gangguan pada hidung tersumbat, ingus terus menerus keluar, disertai alergi pada debu dan udara dingin. Jahe merah digunakan karena memberikan efek panas, menghangatkan.
Bahan
Jahe merah Zingiber Officinale var rubrum      3 jari tangan
Bonggol sereh Androphogon nardus                 1 batang
Cengkih Syzygium Aromaticum                        7 biji
Kemukus piper cubeba                                     7 biji
Kapulaga Amomum cordamomum                   7 biji
Cara membuat
Jahe dikerik kulitnya, dicuci dan dimemarkan. Buang kulit luar sereh, cuci lalu memarkan. Rebus semua bahan dalam 5 gelas air hingga tersisa 4 gelas. Angkat dan saring. Diminum 3 kali sehari 2/3 gelas setelah makan. Lakukan selama 3 minggu secara kontinu.

Rematik
Bahan
Jahe merah Zingiber Officinale var rubrum      25 g
Temulawak curcuma xanthorriza                     20 g
Cabe jawa piper retrofractum                          20 g
Kumis kucing Orthosihon stamineus                 30 g
Daun komfrey symphytum officinale                25 g
Cara membuat
Cuci bersih semua bahan. Iris tipis-tipis rimpang jahe merah dan temulawak. Rebus semua bahan dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah mendidih angkat dinginkan lalu saring. Minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Bias ditambahkan madu atau jeruk nipis.

baca juga :
Khasiat Cabe Jawa
cabe jawa sebagai obat kuat

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...